Tips Membangun Kolam Jualan Agar Laris Manis
Blog Detail 07 Dec 2018 11:04

Jika ingin menjual produk atau jasa, tentu kita membutuhkan pasar atau market yang dituju. Jika tidak memiliki hal ini, maka kita akan kesulitan menjual produk yang ingin dijual. Salah satu cara berjualan yang ampuh yaitu dengan membuat kolam jualan.

Apa itu kolam jualan?

Kolam jualan atau Kolam Prospek adalah suatu tempat yang kita miliki untuk mengumpulkan calon pembeli atau orang-orang pada suatu media, entah itu grup facebook, grup whatsapp, grup telegram dan sebagainya.

Apakah Kolam Jualan Penting?

Ya, ini sangat penting karena dengan memiliki kolam maka kita akan lebih mudah dalam berpromosi. Hal ini karena dengan adanya kolam maka calon prospek akan berkumpul pada suatu tempat seperti halnya kolam ikan. Semakin rajin anda menambah ikan maka semakin mudah pula anda memancing ikan tersebut. Dari pada memancing di kolam orang lain, mending mancing di kolam sendiri kan? Selain lebih mudah, kolam sendiri juga lebih gampang untuk dijaring.

Setelah memiliki kolam Jualan, Apa langkah selanjutnya?

Langkah selanjutnya yaitu dengan terus memperbanyak ikanya. Anda rajin menambahkan orang-orang baru, menyimpan kontaknya, menyimpan wa nya, menyimpan emailnya dan sebagainya.

Apa yang Membuat Orang Tertarik Masuk Ke Kolam Anda?

Banyak sekali alasan orang mau masuk ke kolam kita, entah itu karena ada penawaran spesial seperti diskon promosi dan sebagainya, karena suka dengan bahasan kita, mau ilmu gratis, atau sekadar ingin belajar. Intinya, Rajin-rajinlah menebar manfaat bagi mereka agar mereka mau masuk ke kolam kita.

Apakah kita boleh menambahkan semua orang?

Tidak, anda harus menyeleksi ikan yang akan dimasukan kedalam kolam. Seperti halnya jika anda memiliki kolam ikan mas, tidak mungkin kan memasukan ikan piranha?

Anda harus menambahkan orang yang berpotensial membeli produk anda. Misalnya anda menjual hijab, maka tambahkanlah ibu-ibu atau anak muda yang baru berhijrah, jangan menambahkan anak pria remaja atau bahkan anak-anak.

Tips Penting bagi kalian yang sedang membangun Kolam Jualan

Agar kolam anda matang, anda jangan langsung berjualan. Pada dasarnya orang tidak suka dijuali. Masa baru kenal sudah ditawarkan produk. Lebih baik anda fokus dulu memperbanyak ikan-ikan didalamnya.

Hal yang penting selanjutnya yaitu konsisten. Segala hal perlu konsisten agar hasilnya terlihat, hal ini berlaku juga ketika kita membangun kolam ikan, anda harus konsisten berbagi hal yang bermanfaat bagi mereka. Ibarat sebuah kolam ikan, kita harus memelihara ikan-ikan dengan memberi makan. Kasih dulu saja makanan, baru kita panen kemudian.

Setelah itu, perkuat hubungan dengan mereka. Caranya yaitu banyak-banyaklah interaksi dengan mereka seperti menjawab pertanyaan, saling curhat dan sebagainya.

Sekian artikel mengenai tips membangun kolam jualan agar laris manis. Semoga bermanfaat.

Share to